Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Spesifikasi Laptop Desain Grafis

Spesifikasi Laptop Desain Grafis

Kali ini admin akan mengupas tuntas tentang spesifikasi laptop untuk desain grafis. Tidak dapat dipungkiri menjadi seorang desainer grafis memerlukan modal yang cukup besar bahkan bisa dikatakan mahal.

Entah itu hanya sekedar hobi atau sudah menjadi sebuah profesi, spesifikasi laptop yang mumpuni adalah dambaan bagi setiap desainer grafis masa kini.

Banyak orang-orang bilang, spesifikasi laptop untuk desain grafis membutuhkan spesifikasi yang tinggi atau biasa disebut spek "Dewa".

Namun pada kenyataannya kamu tetap bisa menjalankan software desain grafis di laptop yang kurang berspesifikasi tinggi atau biasa disebut laptop "Kentang".

Tapi, jika kamu menginginkan performa yang dahsyat, maka benar apa yang dikatakan orang-orang itu, bahwa untuk desain grafis diperlukan spesifikasi laptop yang ber-spek "Dewa".

Spesifikasi Laptop Murah untuk Desain Grafis

Berbicara tentang spesifikasi laptop desain grafis, tentu juga harus diimbangi dengan spesifikasi keuangan kita pula, jangan sampai kita memaksakan membeli laptop yang berspesifikasi tinggi tetapi kamu tidak makan satu bulan, wah jangan sampai begitu ya hehe

Jika kamu hanya menggunakan software Adobe Illustrator, Adobe Photoshop dan Corel Draw. Kamu bisa kok membeli laptop dengan kisaran harga Rp. 3.000.000,- saja dan itu sudah cukup mumpuni untuk penggunaan sehari-hari desainer grafis. 

Spesifikasi Laptop Desain Grafis

Buat kamu yang sudah menjadikan desain grafis sebagai profesi, entah itu menjadi freelancer atau bekerja di percetakan, tentunya akan merasakan lambannya kinerja jika menggunakan laptop berspesifikasi "Kentang".

Terlebih jika kamu sudah ahli dalam hal desain grafis, tentu saja kamu akan bekerja dengan cepat, tapi kecepatan itu seperti terhambat oleh kinerja laptop yang "Kentang", dan itu sangat mengesalkan.

Apalagi saat kita sedang mengerjakan sebuah projek dan kita mendapatkan force close atau (has stopped working). Rasanya itu seperti ingin menangis sambil berguling-guling di lantai.

Spesifikasi Standar Desain Grafis

Jika kamu bekerja di percetakan atau di sebuah perusahaan tentu kamu tidak perlu memikirkan tentang spesifikasi. Tentunya sudah tersedia laptop atau PC yang berspeksifikasi "Dewa", dan kamu hanya tinggal memakainya saja.

Tapi, jika kamu baru belajar atau menjadi freelancer desain grafis tentu hal ini cukup memusingkan. Kecuali jika ayahmu Bill Gates.

Hal yang perlu diperhatikan dalam spesifikasi laptop desain grafis adalah hardwarenya. Mengenal hardware juga salah satu syarat wajib bagi seorang desainer grafis.

3 Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Membeli Latop untuk Desain Grafis


Processor

Otaknya dari laptop atau komputer. Processor adalah komponen yang sangat penting yaitu berfungsi untuk memproses dan mengontrol sistem yang ada pada laptop atau komputer.

RAM

Random Access Memory. RAM adalah yang bertanggung jawab dalam kecepatan kinerja laptop atau komputer. Semakin besar kapasitas RAM maka akan semakin mempercepat kinerja sebuah laptop atau komputer.

VGA

Video Graphics Accelerator. VGA adalah pengolah data grafis untuk bisa menampilkan gambar atau visual pada monitor. VGA juga yang bertanggung jawab dalam kecepatan rendering video.

Jika 3 hardware ini sudah memenuhi standar desain grafis, maka komponen lainnya juga akan menyesuaikan. Jadi jika kamu terlalu pusing untuk mempelajari hardware secara lebih mendalam, maka setidaknya ketahui dan kenalilah 3 hardware ini maka itu sudah sangat cukup.

Menurut admin pribadi, jika kamu hanya menggunakan software desain seperti Adobe Illustrator, Adobe Photoshop dan Corel Draw maka spesifikasi standarnya sebagai berikut:
Processor: Core i3 atau Ryzen 3
RAM: 4 GB
VGA: NVIDIA GEFORCE atau ATI RADEON
Spesifikasi itu sudah cukup mumpuni untuk penggunaan sehari-hari Adobe Illustrator, Adobe Photoshop dan Corel Draw.

Harganya pun cukup bersahabat dan tidak terlalu membuat dompet kamu menjerit kencang.

Spesifikasi yang admin sebutkan di atas harganya berkisar antara:

Rp. 3.000.000,- sampai Rp. 5.000.000,-
(laptop seken)

Rp. 6.000.000,- sampai Rp. 8.000.000,-
(laptop baru)

Spesifikasi laptop yang sudah admin sebutkan di atas, sebenarnya cukup mumpuni jika kamu ingin mengedit video, tapi gunakanlah software yang ringan seperti Filmora Wondershare.

Jika kamu memaksakan mengedit video dengan menggunakan Adobe Premiere, kuat sih kuat, hanya saja kinerja VGA jadi terlalu berat.

Dan akan mempengaruhi umur laptop, bolehlah sesekali menggunakan Adobe Premiere, tapi jangan terlalu sering ya.

Tips dan Pengetahuan

Dalam pemilihan processor terkhusus processor dari Intel, admin akan sedikit memberikan tips dalam pemilihannya. Karena admin lebih menyarankan kamu menggunakan laptop berprocessor Intel jika kamu ingin menggunakan laptop kamu untuk desain grafis.

Jika untuk keperluan Game, maka kamu bisa pilih laptop yang berprocessor AMD. Baik Intel maupun AMD sebenarnya bisa untuk melakukan keduanya secara bersamaan yaitu untuk desain grafis dan game.

Tapi ini lebih kepada pangsa pasar, bahwa Intel untuk desainer grafis dan AMD untuk gamers. Macbook untuk jumawa. Hehe

Processor Intel® Core™

Sebenarnya kamu tidak diharuskan mengetahui secara spesifik tentang hardware laptop, karena nanti kamu akan pusing dibuatnya, lagi pula sudah ada ahlinya masing-masing, kita tetap fokus di jalur desain grafis saja. Tapi tidak ada salahnya jika kita sedikit belajar tentang laptop dan hardware agar kita tidak salah dalam membeli.

Hal yang perlu kamu ketahui dalam hal hardware adalah Core i nya. Ada urutan-urutan yang perlu kamu ketahui. Urutan Core i nya adalah sebagai berikut:

Urutan Core i Intel

Core i3
Core i5
Core i7
Core i9
Core i9 seri-X

Dan pada tahun ini yaitu tahun 2020, sudah sampai pada generasi ke-10 (Gen 10)

Saat kamu akan membeli laptop, kamu akan di pusingkan dengan pilihan processor dan gen ini.

Jika kamu dihadapkan pada pilihan:

Laptop Core i3 Gen 9
dengan
Laptop Core i5 Gen 3

Mana yang akan kamu pilih?

Jika dilihat sekilas dari Core i nya, tentu saja Core i5 lebih bagus, tapi jangan lupakan gen nya.

Faktanya, walaupun hanya Core i3 tapi jika sudah sampai pada Gen 9 maka itu artinya Core i3 Gen 9 itulah yang lebih bagus dalam performanya ketimbang Core i5 Gen 3.

Tahun Pembuatan Gen Intel

Intinya, semakin tinggi Gen, maka semakin baru tahun pembuatannya, jadi jangan hanya terpaku pada Core i nya saja, tapi perhatikan juga Gen nya. Lebih baik Core i3 Gen terbaru daripada Core i5 Gen lama.

Baiklah sepertinya sampai disini saja pembahasan kita kali ini tentang Spesifikasi Laptop Desain Grafis. Jangan lupa sesuaikan juga dengan keuangan kalian ya, jangan sampai memaksakan keinginan, biar bagaimanapun, karya kita lah yang terpenting, selalu asah kemampuanmu dalam desain grafis. Sampai jumpa.
Cond Rock
Cond Rock Ada dua macam manusia yang tidak akan pernah terpuaskan rasa dahaganya selama hidup di dunia. Mereka adalah para Pencari Harta dan Pencari Ilmu.

Posting Komentar untuk "Spesifikasi Laptop Desain Grafis"