Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Freelancer Desain Grafis

Cara Menjadi Freelancer Desain Grafis

Hampir sebagian besar desainer grafis memimpikan menjadi freelancer yang sukses disamping pekerjaan utamanya, atau bahkan menjadikan freelancer desain grafis sebagai pekerjaan utamanya.

Tentu saja bukan hal yang tidak mungkin jika kamu ingin menjadikan freelancer desain grafis sebagai pekerjaan utama, karena hasilnya bisa juga melebihi pekerja kantoran, tapi tak jarang juga penghasilan freelancer desain grafis di bawah pekerja kantoran.

Kamu bisa memulainya dengan mendaftar ke situs-situs freelancer desain grafis, buatlah sebuah akun baru dalam situs tersebut, dan yang tidak kalah penting adalah catat password kamu di buku catatan atau docs.google.com atau keep.google.com.

Karena di era digital ini kamu pasti memiliki banyak akun. Mulai dari media sosial, aplikasi perbankan dan akun lainnya yang tentu adalah akun penting.

Sangat berbahaya jika kamu menggunakan password yang mudah ditebak. Tetapi sulit menghafal jika membuat password yang rumit. Maka solusinya adalah jangan mengingat password, tapi di catatalah password tersebut.

Yang perlu kamu ingat hanyalah satu password yaitu password akun google. Dan kamu bisa melihat password lainnya dalam docs.google.com atau keep.google.com.

Sebenarnya ada aplikasi untuk menyimpan password, tapi gunakanlah yang terpercaya, alih-alih menyimpan password tapi malah kehilangan semua password, sangat disayangkan jika hal itu sampai terjadi.

Situs Freelance Desain Grafis dari Indonesia dan Luar Negeri

  1. Freelancer Indonesia
  2. 99Design
  3. Upwork
  4. Crowdsource
  5. Projects.co.id
  6. Sribulancer
  7. Gobann
  8. Sribu
  9. Guru
  10. Toptal
  11. PeoplePerHour
  12. Fiverr
  13. Simply Hired
  14. Freepik
  15. Shutterstock
  16. Vecteezy
  17. Vectorstock
  18. Vector4free
  19. Freevector
  20. DLL

Kamu boleh mencoba semua situs itu dan menjadi kontributor di semua situs itu (jika sanggup), kamu bisa bekerja menjadi freelancer desain grafis secara mandiri atau berkelompok.

Jika berkelompok tentunya akan lebih mudah mencapai target, karena ada beberapa situs yang menargetkan jumlah desain yang kamu buat. Dan tentunya dengan kualitas yang bagus, bukan hanya dilihat dari kuantitas yang banyak.

Menjadi Freelance Desain Grafis

Salah satu cara mendapatkan uang tambahan dengan kemapuan desain grafis yang kamu miliki adalah menjadi freelancer desain grafis. Atau broker percetakan.


Untuk menjadi freelancer yang sukses sangat-sangat tidak mudah. Tapi, bukan tidak mungkin. Butuh kemampuan desain grafis yang mumpuni dan keberuntungan.

Mungkin kamu berpikir untuk menjadi freelancer desain grafis karena terinspirasi dari kisah sukses seseorang sehingga menggugah hati kamu untuk mengikuti jejaknya.

Tidak ada yang salah dari hal itu, karena saat ini, di era digital ini hampir tidak ada hal baru yang bisa kita lakukan.

Karena hampir semua hal sudah ditemukan maka untuk menciptakan peluang baru agaknya terasa lebih sulit dan memakan waktu yang tentunya tidak sedikit pula. Sementara kebutuhan hidup tidak bisa ditunda.

Maka cara terbaik adalah mengikuti jejak sukses mereka-mereka yang sudah terlebih dahulu sampai kesana.

Tips Menjadi Freelancer Desain Grafis

Untuk menjadi seorang freelancer desain grafis yang sukses, betul-betul tidak mudah, mungkin banyak situs yang membahas agar kamu segera menjadi bagian dari freelancer desain grafis tanpa memberitahu bagaimana kesulitannya.

Jangan berpikir menjadi freelancer adalah pekerjaan yang santai-santai saja. Sama halnya dengan kantor, situs freelance desain grafis juga memiliki target yang harus kamu penuhi. Kamu diharuskan membuat beberapa desain untuk di upload ke situs tersebut dan tentunya dengan kualitas yang bagus.

Peraturannya memang berbeda-beda bagi setiap situs freelancer ini, tapi pada umumnya secara garis besar adalah konsisten upload hasil karyamu, original dan berkualitas.

Ada baiknya kamu menyiapkan terlebih dahulu minimal 20-30 desain terbaik, baru kemudian menjadi kontributor di situs freelancer desain grafis tersebut.

Sangat disarankan untuk membaca ketentuan dari situs yang kamu ingin menjadi bagian di dalamnya. Jangan terburu-buru membaca karena ingin segera menghasilkan uang dari situs tersebut. Pahami dan resapi ketentuan dan aturan-aturan situs freelancer, agar tidak ada kesalahan ketika kamu meng-upload hasil karyamu.

Tidak Membuahkan Hasil Selama 1 Tahun

Dan hal yang perlu diingat, kamu harus sabar tidak mendapatkan hasil (uang) dalam jangka waktu kira-kira 1 tahun. Waktunya memang tidak harus 1 tahun, bisa kurang bahkan bisa lebih tergantung hasil karyamu dan tingkat keberuntunganmu, tapi setidaknya jangan berharap akan langsung mendapatkan uang jika baru mendaftar.

Admin kenal beberapa desainer grafis yang sangat ahli, dan mereka cukup kesulitan untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari situs-situs tersebut.

Artinya, mereka yang sudah ahli saja kesulitan, maka jika kamu baru terjun ke dalam dunia desain grafis, jangan berharap terlalu jauh, santai saja nikmati prosesnya. 

Lakukan Riset

Apa kamu kira riset hanya untuk dokter, ilmuan dan profesor saja, tentu saja tidak, hampir semua profesi membutuhkan riset.

Salah satu contoh adalah seorang youtuber, dia akan riset tentang hal apa yang sedang viral atau yang sedang ramai orang pernbincangkan.

Maka youtuber itu akan membuat konten yang berkaitan dengan trend tersebut, agar konten yang dibuatnya mendatangkan viewers yang banyak.

Tidak ubahnya dengan freelancer desain grafis, kamu juga perlu riset sebelum mengerjakan sesuatu.

Sebelum kamu membuat minimal 20-30 desain terbaik, sangat disarankan kamu riset terlebih dahulu tentang desain apa yang di butuhkan banyak orang, kamu bisa memulainya dengan masuk ke situs freelancer desain grafis yang kamu inginkan.

Trend

Lihatlah yang sedang ramai di situs freelancer tersebut, atau bisa juga mengikuti trend yang sedang ramai di dunia, salah satu contoh untuk saat ini di tahun 2020 adalah kasus corona. Maka kamu bisa membuat desain yang berkaitan dengan virus corona tersebut.

Hastag

Yang tidak kalah penting lagi adalah hastag, saat kamu upload desain yang kamu buat maka kamu akan diminta mencantumkan hastag pada desain yang kamu buat, jangan sampai kamu bingung menentukan hastag tentang desain yang kamu buat sendiri.

Cara termudah menentukan kata kunci atau hastag adalah dengan meniru orang lain.

Misalnya kamu membuat tentang corona, lihatlah desain orang lain tentang corona dan lihat hastag yang digunakannya, ikutilah hastag atau kata kunci yang dibuatnya.

Mindset

Ada 3 hal yang harus kamu genggam erat-erat dan ada 1 hal yang harus kamu pasrakan kepada Tuhan. Maka akan menjadi 4 jurus ampuh untuk menuju kesuksesan dalam hal apapun.

4 Jurus Sukses. 

  • Kemauan
  • Kemampuan
  • Konsisten
  • Keberuntungan


Kemauan

Untuk meraih kesuksesan dalam hal apapun kemauan adalah hal yang mutlak, bulatkan tekad sebelum memulai menjadi freelancer desain grafis, jangan pikir ini hanya coba-coba apalagi main-main.

Kemampuan

Menjadi freelancer desain grafis yang sukses diperlukan kemampuan yang desain grafis yang baik, yah itu tentu saja. Untuk mendapatkan skill desain grafis yang mumpuni tentu kamu bisa mendapatkannya dengan berlatih secara sungguh-sungguh. Jangan merasa "sudah bisa". Tetaplah menjadi orangn yang haus akan ilmu.

Konsisten

Saat kamu tidak mendapatkan apa yang kamu inginkan, konsisten adalah hal yang akan kamu langgar pertama kali, tidak konsisten adalah kata lain dari menyerah. Dan itu artinya kamu harus memulai dari awal. Jika kamu tidak ingin mengulang dari awal maka tetaplah konsisten sampai akhir.

Keberuntungan

Untuk mendapatkan keberuntungan, agaknya cukup sulit, karena kamu tidak bisa melatihnya dan tidak bisa mencari tutorialnnya di google. Tapi tentu saja bukan mustahil jika kamu mau berusaha. Keberuntungan hanya bisa kamu dapatkan dari Tuhan, maka berdo'a adalah cara terbaik untuk mendapatkan keberuntungan.

Tips Tambahan

Ada sebagian orang yang terlalu percaya diri dan menganggap keberuntungan itu tidak ada, mereka percaya bahwa apa yang mereka dapat adalah hasil dari jerih payahnya sendiri.

Jika kamu orang yang beragama, maka jangan sampai kamu memelihara sifat ini, sifat seperti ini sama saja mengabaikan pertolongan dari tuhan, karena yang bisa memberi keberuntungan hanyalah tuhan.

Admin akan sedikit berbagi cerita tentang masalah keberuntungan ini, karena admin memiliki pengalaman secara langsung dalam hal ini.

Sejujurnya admin pernah menjadi orang yang tidak percaya pada keberuntungan, dan hal itu menyebabkan kesombongan tumbuh dalam diri. Dan itu sangat-sangat tidak baik.

Seiring berjalannya waktu, admin menyadari, keberuntungan adalah pemberian dari Tuhan, dengan kata lain, jika kita menafikannya maka kita menolak pemberian dari Tuhan tersebut.

Dan tentu saja Tuhan bisa mengambil keberuntungan tersebut. Jika itu terjadi kamu akan sangat kecewa dan menyalahkan Tuhan, padahal kita harusnya menyalahkan diri kita sendiri.

Jika sudah seperti itu, mau tidak mau, suka tidak suka, harus mengulang dari awal.

Kamu pasti tidak ingin mengalami seperti yang admin alami kan?

Maka, tetaplah berada di jalan Tuhan.
Cond Rock
Cond Rock Ada dua macam manusia yang tidak akan pernah terpuaskan rasa dahaganya selama hidup di dunia. Mereka adalah para Pencari Harta dan Pencari Ilmu.

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Freelancer Desain Grafis"