Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Keterampilan yang Wajib Dikuasai Desainer Grafis

3 Keterampilan yang Wajib Dikuasai Desainer Grafis

Jika kamu bercita-cita menjadi seorang Tukang Edit, ehh sorry maksud admin adalah Desainer Grafis, kamu harus menguasai setidaknya 3 hal ini, sedikit saja karena jika 3 hal ini bisa kamu kuasai maka yang lainnya pasti bisa.

3 hal yang akan admin sampaikan pada topik kali ini lebih ke teknis ya, jadi kerja keras dan belajar adalah suatu hal yang mutlak. Tentu saja ada banyak buku yang membahas tentang ini, ada beragam cara penyampaiannya dan ada beribu makna yang di tafsirkan oleh setiap penulis.

Admin akan menyampaikan 3 uraian pokok tetapi akan memaknainya dari sudut pandang yang berbeda, admin akan jabarkan secara lugas dan kasar, karena kekerasan adalah jalan ninjaku, apaansi admin. Baiklah, langsung saja kita simak 3 hal ini dan kalian harus ahli dalam hal ini jika ingin menguasai dunia persilatan, ehhh Perdesainan.

3 Keterampilan yang Wajib Dimiliki Desainer Grafis

1. Seni Visual

Menurut admin penjabaran Seni Visual yang tepat untuk Desainer Grafis adalah memvisualisasikan ide orang lain menjadi sebuah desain yang diinginkan orang lain tersebut. Dalam hal ini kita biasa sebut dengan Customer. Jika ide kita sendiri tentu saja akan lebih mudah, tapi bila menyangkut orang lain, kita butuh kepekaan, juga harus menselaraskan antara apa kemauan Customer dengan kaidah-kaidah Desain Grafis yang baik dan benar, agar mengasilkan sebuah Mahakarya yang spektakuler.


2. Tipografi

Untuk teknik ini biasanya Desainer Grafis mengambil peran yang lebih besar daripada Customer. Maka untuk hal ini admin akan memberikan 5 aturan dasar dalam Tipografi, yang tentunya akan gugur 5 hal ini, jika kita sudah membicarakan Seni, Seni itu bebas, tapi tentu saja tetap ada aturan jika kamu sedang mengerjakan sebuah projek yang agak resmi.

5 Aturan Dalam Tipografi

  • Ukuran huruf
  • Jenis huruf
  • Tracking (jarak antar huruf secara umum)
  • Kerning (jarak antar dua huruf yang spesifik)
  • Leading (jarak antar baris)

Ukuran huruf:

Kita harus tau, apa yang ukuran hurufnya harus dibesarkan dan yang tidak perlu besar, seperti pembuatan judul, tentu harus memperbesar ukuran hurufnya dari yang lain, dan pembuatan quote atau perkataan seseorang, harus di beri tanda kutip dan biasanya memakai font italic atau miring. 

dan juga kita harus tau, kapan menggunakan huruf besar dan huruf kecil, inilah gunanya belajar Bahasa Indonesia saat kita masih di sekolah dasar, bagaimana nilai pelajaran Bahasa Indonesia kamu akan terlihat dari bagaimana kamu menerapkan teknik Tipografi. Untuk bisa menguasai hal ini dengan baik silakan buka kembali Buku Bahasa Indonesia ya.

Jenis huruf:

Banyak situs-situs penyedia font gratis kadang membuat seorang Desainer Grafis hilang kendali, semua font di download, terkadang admin juga begitu hehe. Tapi alangkah baiknya jika kamu ingin mendownload font, downloadlah di situs yang tentu saja terpercaya dan hak ciptanya jelas seperti fonts.google.com.

Tracking:

Jarak yang ideal dalam hal Tracking ini adalah yang otomatis pada setelan font tersebut. Jika kamu terpaksa harus merenggangkan maka sedikit saja. bukan masalah terbaca atau tidak terbaca, tentu saja akan tetap terbaca, ini masalah estetika dalam Tipografi.

Kerning:

Masalah ini biasanya ada pada pembuatan logo, terkadang ada juga pada setelan bawaan font, itulah mengapa kamu harus mendownload font di situs yang tepat.

Leading:

Untuk mendapatkan leading yang sesuai kamu harus menyamakan ukuran leading dengan tracking dan ukuran font, di pengaturan font Adobe Photoshop biasanya tidak otomatis terlebih jika kamu sering menggonta-ganti setelan ini. Samakan nilai setelannya agar mendapatkan Tracking, Kerning dan Leading yang ideal.

3. Tata Letak

Jam terbang sangat mempengaruhi Tata Letak, semakin sering kamu membuat sesuatu maka semakin mahir kamu dalam hal itu. Itulah ungkapan yang tepat jika kamu ingin mendapatkan Tata Letak yang WOW. Idealnya adalah menempatkan bagian penting di atas lalu bagian yang kurang penting di bawah, ya tentu saja semua yang ada adalah penting, tapi urutkan berdasarkan prioritas.

Jika ada Tokoh Manusia dalam projek, maka jika Manusia itu menghadap ke kanan kamu letakan Tokoh itu di bagian kiri lalu Tipografinya di kanan, jadi Tokoh Manusia ini tidak membelakangi Tipografinya. Itu adalah standar yang dipakai kebanyakan Desainer Grafis. Sering-seringlah melihat hasil Desain dari Senior-senior, selain kita bisa menikmati keindahan hasil Desainnya kita juga bisa mendapatkan referensi dari Tata Letaknya.
Cond Rock
Cond Rock Ada dua macam manusia yang tidak akan pernah terpuaskan rasa dahaganya selama hidup di dunia. Mereka adalah para Pencari Harta dan Pencari Ilmu.

Posting Komentar untuk "3 Keterampilan yang Wajib Dikuasai Desainer Grafis"