Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Orang Indonesia Asli Penemu Aliran WPAP

Orang Indonesia Asli Penemu Aliran WPAP

Wedha Abdul Rasyid, beliau adalah orang yang pertama kali memperkenalkan dan mempopulerkan WPAP atau Wedha's Pop Art Potrait. Maka tidaklah berlebihan bila beliau bisa disebut sebagai Bapak WPAP Sedunia, kenapa sedunia, karena seni WPAP ini sudah mendunia dan banyak yang menggunakan teknik ini.

Pengertian WPAP

WPAP atau Wedha's Pop Art Potrait adalah suatu gugus seni ilustrasi potret wajah yang bersaling silang secara geometri dengan penggunaan kontradiksi warna-warna khusus. Dimensi dari gambar yang di trace atau di gambar ulang dengan acuan tidak merubah bentuk asli, sehingga penampakan akhir dari objek yang di transformasi jelas dan menyerupai aslinya sehingga mudah dikenali. Teknik melukis ini ditemukan oleh Wedha Abdul Rasyid, awal kepopuleran WPAP adalah ketika digunakan untuk mengilustrasi cerita-cerita karya Arswendo Atmowiloto dan Hilman Hariwijaya di majalah Hai.

Biografi Wedha Abdul Rasyid

Wedha Abdul Rasyid
(lahir di Pekalongan, Jawa Tengah, 10 Maret 1951) adalah seniman grafis Indonesia.

Dikenal sebagai pencipta aliran WPAP (Wedha's Pop Art Potrait) atau FMB (Foto Marak Berkotak), atas jasanya ini ia dijuluki bapak ilustrasi Indonesia.

Berprofesi sebagai ilustrator sejak dekade 1970-an. Mulai 1977, ketika bergabung dengan majalah Hai, ia banyak membuat ilustrasi terutama karya-karya fiksi Arswendo Atmowiloto dan Hilman Hariwijaya. Salah satu yang terkenal adalah karya fiksi Lupus. Di majalah itu juga ia mengerjakan potret para tokoh dunia yang menjadi liputan majalah tersebut.

Pada tahun 1990, Wedha kemudian mencanangkan cara baru untuk menggambar ilustrasi wajah. Hal ini dilakukan dikarenakan penurunan daya penglihatanya karena usia yang telah mencapai 40 tahun sehingga ia sulit menggambar wajah dalam bentuk yang realistis dan detail.

Wedha kemudian mencoba illustrasi bergaya kubisme untuk gambarnya. Gaya ini kemudian tumbuh dan semakin populer sebagai bagian dari gaya pop art bahkan hingga dengan saat ini. Gaya ilustrasi ini disebut Wedha’s Pop Art Potrait (WPAP), bahkan ada yang menyebutnya sebagai aliran Wedhaism.





Orang Indonesia Asli Penemu Aliran WPAP

Gambar di atas adalah contoh WPAP Gagal dan juga Dispersion Efek Gagal lalu di satukan, maka jadilah aliran sesat, modelnya orang stress, ahhh sudahlah. Sekian terimakasih.
Cond Rock
Cond Rock Ada dua macam manusia yang tidak akan pernah terpuaskan rasa dahaganya selama hidup di dunia. Mereka adalah para Pencari Harta dan Pencari Ilmu.

2 komentar untuk "Orang Indonesia Asli Penemu Aliran WPAP"